Postingan Foto Bermodus

Saya paling risih ketika menjumpai ada seseorang yang dengan sengaja men-share atau memposting sebuah foto bermodus pengumpulan like dan komentar, lalu kemudian tanpa permisi tiba-tiba nyangsang begitu saja di timeline facebook saya.

Dan bajingan setan alas, setelah saya perhatikan, lhakok ternyata ada salah satu teman facebook saya yang nge-like dan berkomentar di foto tersebut, sehingga foto SIALAN bin KEPARAT itu secara otomatis muncul begitu saja di beranda saya.

Saya yakin, sampeyan juga pasti sering menjumpai postingan semacam itu di facebook, kan?? atau jangan-jangan malah sampeyan sendiri juga pernah ikut-ikutan nge-like dan berkomentar?? Duh, celaka ini!!

Sebenarnya itu fenomena lama, sudah sejak lama saya menjumpai postingan-postingan foto semacam itu di facebook. Saya sendiri gak pernah merespon sama sekali, karena dari awal saya sudah curiga jika postingan semacam itu hanya lah modus belaka. Dan benar saja, baru-baru ini, saya secara tidak sengaja menemukan sebuah artikel yang membahas penipuan via facebook dengan modus pengumpulan like dan komentar melalui sebuah foto.

Jadi itu semua hanya akal-akalan si pemilik akun-nya saja, semata-mata untuk kepentingan bisnis. Nanti kalau misalnya like dan komentar di postingan tersebut sudah terkumpul dalam jumlah tertentu, akun yang bersangkutan akan dijual ke pihak lain (bisa individu, pelaku bisnis, atau lembaga tertentu), yang pengen populer dalam waktu singkat tanpa bersusah payah melakukan promosi, dengan harga yang terbilang cukup mahal tentunya.

Yang bikin saya heran, kok ya selalu ada saja pengguna facebook yang dengan polosnya memberikan like dan komentar pada postingan-postingan semacam itu. Bahkan jumlahnya kadang-kadang mencapai ribuan. Dan yang lebih memprihatinkan lagi, ternyata teman-teman saya juga banyak yang menjadi “korban”. Tidak sedikit diantara mereka yang saya lihat juga pernah memberikan like dan bahkan berkometar. Duh, gusti!!

Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, apakah mereka semua bodoh? Tidak. Apakah mereka semua terlalu polos? Mungkin.

Disinilah terlihat kepintaran si pemilik akun, karena seringkali yang diposting adalah foto-foto yang membuat jiwa kemanusiaan kita merasa tergerak dan tersentuh. Lha gimana nggak tersentuh, jika yang diposting adalah foto-foto orang yang menderita penyakit aneh, lalu “dibumbui” dengan keterangan foto berupa untaian kata-kata atau doa-doa yang terkesan begitu mulia. Belum lagi jika yang ditampilkan adalah foto-foto orang yang mengalami kecelakaan, lagi-lagi juga “dibumbui” dengan keterangan foto berupa doa-doa yang membuat hati nurani kita secara otomatis merasa terpanggil untuk ikut mendoakan.

image

Sekilas foto-foto tersebut memang terlihat mengerikan, menakutkan dan bahkan (maaf) menjijikkan. Tapi keterangan di foto yang seolah-olah sangat “nurani-able” itulah yang membuat foto-foto semacam itu tidak lagi terlihat mengerikan atau bahkan menjijikkan, tetapi justru mendatangkan rasa iba dan menyentuh sisi religiusitas kita.

Selain foto-foto orang yang menderita penyakit aneh, dan foto-foto orang yang mengalami kecelakaan, ada lagi foto-foto yang sifatnya mengadu domba dan seringkali berbau SARA. Menurut saya itu lebih menggemaskan lagi. Tujuannya sih sama, mengumpulkan jumlah like dan komentar dari para pengguna facebook. Tapi caranya itu lho yang bikin saya geregetan.

Lha sekarang gimana gak geregetan, jika yang diposting adalah foto-foto yang kesannya seperti mempermainkan dan bahkan menistakan agama?? Penganut agama manakah yang tidak marah jika melihat ada sebuah foto yang mempermainkan dan melecehkan agama mereka?? Saya yakin si pemilik akun bukannya tidak sadar akan hal itu, tapi justru mereka sangat sadar betul jika foto semacam itu akan menyulut amarah dari penganut agama yang bersangkutan. Dan memang itu lah tujuannya, supaya yang marah-marah itu ikut memberikan like dan komentar. Masuk perangkap deh!!

image

Maaf, hanya sekedar contoh saja ya, tidak bermaksud ikut menyebarkan foto yang sangat tidak pantas ini

Dan yang terakhir, ada satu lagi modus yang menurut saya agak lucu, seringkali malah terkesan seperti sebuah permainan. Jadi si pemilik akun akan memposting sebuah foto atau gambar dengan keanehan tertentu, lalu di postingan tersebut diberi keterangan misalnya, “Like foto ini, lalu ketik kata atau angka bla bla bla, lalu lihat apa yang akan terjadi”. Pasti sampeyan juga sering kan menjumpai postingan semacam itu?? Nah, yang lucu, entah memang terlalu polos atau gimana, kok ya ada saja orang yang mau memberikan like dan berkomentar di postingan foto semacam itu, dengan harapan bisa melihat beneran apa yang akan terjadi dengan foto tersebut.

image

Broo.. plisss deh!! Gambar atau foto yang bisa bergerak itu adalah foto atau gambar berformat GIF. Seperti foto yang biasa kita lihat atau bahkan kita jadikan sebagai DP BBM. Lha padahal, facebook sama sekali tidak pernah menyediakan fitur untuk mengupload foto atau gambar berformat GIF. Jadi walaupun sampeyan mengetik angka berapapun seperti anjuran pada keterangan di foto tersebut, tidak akan pernah terjadi apa-apa dengan foto itu. Jadi pliss deh, bro!! Hentikan kepolosanmu itu!! Jadi lah pengguna facebook yang cerdas. Oke?!

Semuanya kembali lagi ke diri kita masing-masing, apakah kita masih mau terus menerus di tipu oleh tukang pengumpul like dan kometar sialan itu, atau kita mulai belajar untuk menjadi pengguna facebook yang cerdas. Jika memang sampeyan adalah orang yang beneran punya hati nurani dan jiwa kemanusiaan yang tinggi, tidak perlu ikut memberikan like dan komentar di postingan semacam itu, cukup didoakan saja didalam hati kita masing-masing. Bukan kah TUHAN itu Maha Mendengar dan Maha Mengetahui?? Jadi buat apa sampeyan repot-repot memberikan like dan komentar jika semua itu hanya akan membuat kaya si pemilik akun, dengan caranya yang sangat curang itu? Ya, kan?

Semoga bermanfaat!!

 

Ilustrasi: berita.suaramerdeka.com

Iklan

3 comments

  1. Entah kenapa foto2 dan berita-berita heboh menjadi sesuatu yang mengasyikkan buat para peselancar di dunia maya ini.
    Lha kalau beritanya benar.. kadang cuman hoak..
    diperlukan pemahaman dan pendidikan khusus perihal dunia maya kayaknya ini bro..
    hehehe…

    Suka

Jangan Lupa Meninggalkan Jejak ya, Bro??

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s