Tentang Sosok Ayah

oto-seorang-ayah-rela-basah-kuyup_20150917_143252

Saya melihat foto itu pertama kali di Instagram, sekitar dua bulan yang lalu. Waktu itu saya masih belum mudeng (paham) maksudnya apa. Lalu sebulan kemudian, saya melihat foto itu lagi di LINE, karena kebetulan ada yang nge-share, lengkap dengan caption yang menjelaskan tentang asal muasal foto tersebut.

Konon katanya, foto itu sempat nge-hits banget di social media, karena mempunyai makna yang sangat dalam dan menyentuh. Foto yang memperlihatkan seorang ayah dengan kondisi tubuh basah kuyub sambil memegangi payung untuk anak laki-lakinya yang berjalan disampingnya itu, telah “menghancurkan” anggapan banyak orang selama ini tentang sosok ayah yang dinilai cuek dan terkesan kaku terhadap anak-anaknya. Tidak seperti sosok ibu, yang lebih bisa menunjukkan kasih sayangnya secara total dan ekspresif kepada anak-anaknya. Tapi ayah tetap lah ayah, dia punya caranya sendiri untuk mengekspresikan kasih sayangnya kepada kita, anak-anaknya, yang terkadang tidak pernah kita sadari.

Melalui foto itu, kita bisa melihat bagaimana sosok ayah punya caranya sendiri untuk menunjukkan kasih sayangnya. Iya, terlihat sangat sederhana memang!! Masih tetap dengan kecuekan-nya. Cuek dalam artian, dia tidak peduli dengan apapun yang menimpanya, yang penting anaknya aman. Dia tidak peduli badannya basah kuyub diguyur hujan, asal anaknya tetap kering dan hangat. Itu lah salah satu bentuk pengorbanan seorang ayah, lebih dari sekedar ungkapan kasih sayang.

Kebanyakan dari kita memang lebih dekat dengan sosok ibu dibandingkan dengan ayah. Ya, wajar sih ya?! Soalnya dari kecil kan memang sosok ibu yang selalu ada buat kita. Dari urusan makan sampai kita sakit pun juga ibu yang mengurus. Kalau ayah sih lebih banyak diluar buat nyari nafkah. Jarang ada waktu buat anak-anaknya. Mungkin karena itu kali ya, sosok ayah dianggap cuek dan terkesan kurang bersahabat. 😀

Ya, maklum lah, namanya juga laki-laki. Cuek itu mungkin sudah sifat bawaan. Tapi bukan berarti ayah itu nggak peduli dengan kita. Hanya saja mungkin beliau kurang bisa mengekspresikan perasaan sayangnya sebagaimana yang sering ditunjukkan oleh ibu kepada kita. Tapi saya yakin kok, tidak ada satu pun sosok ayah yang tidak sayang dan peduli kepada anak-anaknya.

Kasih sayang seorang ayah dengan kasih sayang seorang ibu itu sama besarnya kepada kita, hanya cara pengungkapannya saja yang berbeda. Dengan melihat perjuangan beliau setiap harinya dalam mencari nafkah untuk kita, saya kira sudah cukup membuktikan bahwa ayah tidak lah seperti sosok yang selama ini kita anggap sebagai sosok yang cuek dan kurang bersahabat. Justru sebaliknya, ayah adalah sosok yang sangat peduli kepada kita, anak-anaknya.

Jadi, masih kah kita meragukan kasih sayang seorang ayah????

SELAMAT HARI AYAH..

 

Iklan

Jangan Lupa Meninggalkan Jejak ya, Bro??

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s